Wednesday, November 30, 2005

SONY SUGEMA COLLEGE


Sejarah & Latar Belakang

Berawal dari kota Bandung, tepatnya di sebuah gedung sewaan di Jl. Dipati Ukur No. 71 Bandung, lembaga bimbingan belajar ini memulai sejarahnya. Seorang pemuda bernama Sony Sugema mengawali mimpinya dengan menjadi pengajar tunggal bagi 124 siswa kelas 3 SMU yang ingin sukses menembus Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN). Persaingan yang sangat ketat menembus UMPTN (kini menjadi Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru /SPMB) merupakan peluang bisnis yang dipandang oleh Sony Sugema memiliki prospek cerah.
Secara finansial saat itu, beliau memang hanya memiliki bekal modal sebanyak Rp. 1,5 juta. Namun bekal pengalaman dan optimisme yang digenggamnya telah memberi semangat berwirausaha yang sulit dibendung. Sebanyak 50% dari modal yang dimilikinya digunakan untuk membayar biaya sewa gedung selama satu bulan. Sisanya digunakan untuk membeli berbagai perlengkapan belajar untuk siswa, seperti kursi, meja tulis, papan tulis, dll. Modal selama satu bulan itulah yang menjadi sumber awal berdirinya perusahaan yang kini memiliki banyak pengembangan bisnis dan lembaga sosial ini.

Komitmen LBB SSC untuk memberikan pelayanan terbaik kepada siswanya telah membuahkan reputasi dan citra positif di mata masyarakat. Demi menjaga kualitas, LBB SSC selalu menyediakan guru-guru berkualitas. Para guru dilengkapi dengan peralatan multimedia berupa komputer, audio visual, dan sistem manajemen informatika yang tersedia di setiap kelas untuk membantu mereka menerangkan materi pelajaran kepada siswa. Setiap siswa diberi keleluasaan untuk memanfaatkan fasilitas internet secara gratis, mereka dapat pula mengikuti perkembangan pendidikan melalui situs LBB SSC (
http://www.sscbandung.net/) yang selalu diperbaharui secara rutin.

Filosofi dasar dari Sony Sugema College adalah “The fastest solution” yang selalu kembali pada prinsip-prinsip sederhana guna memecahkan soal dalam berbagai variasi soal. The Fastest Solution, merupakan hasil pencarian terus menerus dari Tim SSC sehingga berbagai persoalan dapat dipandang dengan cara yang sangat simpel. The Fastest Solution, bukanlah hafalan rumus-rumus yang banyak dan berbeda dengan rumus-rumus umum.

Learning is fun merupakan metode pengajaran yang digunakan untuk menjembatani pemindahan konsep-konsep ilmu yang rumit dengan pedekatan-pendekatan konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan, sistem evaluasi terpadu adalah metode evaluasi yang mengukur faktor-faktor penting yang dapat mempengaruhi kelulusan dan prestasi.

Learning is Fun - Belajar itu indah Mengapa? Karena SSC dengan staff pengajarnya yang berkualitas siap memberikan materi pelajaran yang dibantu oleh peralatan Multimedia yang menampilkan presentasi grafik dan gambar. Teknologi pendidikan yang dikembangkan SSC yaitu Komputer Multimedia, Audio Visual, MIS (Management Information System ).Namun demikian kami tetap berprinsip bahwa teknologi pendidikan bukanlah fasilitas utama yang dapat menggantikan manusia, dia hanyalah sebuah pelengkap penunjang.

Untuk mengenali dan mengembangkan potensi siswa secara berkesinambungan dan seimbang, kami menyediakan konsultasi siswa yang berada di bagian Consultation Service (CS).


SSC- LEARNING REVOLUTION

Seiring dengan perjalanan waktu SSC terus melakukan inovasi-inovasi pembelajaran mulai dari The Fastest Solution, Learning is Fun, dan sekarang LEARNING REVOLUTION.

SSC adalah Lembaga Bimbingan Belajar dengan visi menjadi “ lembaga pendidikan yang terbaik di indonesia “ selalu memberikan layanan program bimbingan belajar yang bermutu untuk meningkatkan prestasi akademik siswa disekolah.

Didukung oleh sumber daya manusia yang berkualitas baik staf pengajar dan karyawan membuat LBB SSC makin kokoh dimata masyarakat.

Sarana belajar untuk siswa tak luput dari pembenahan terus menerus, Metodologi pengajaran terus di perbaiki dan dilayani oleh guru-guru yang tentu saja ahli dibidangnya, mereka sangat faham tentang kurikulum sekolah dan prediksi soal yang dibuatnya memiliki probalitas yang tinggi terhadap ulangan umum cawu, EBTANAS & UMPTN sekarang SPMB dengan mengacu kepada metode “ Learning Revolution” yang selama ini menjadi salah satu keunggulan SSC dibandingkan bimbingan belajar lainya.

“KAIZEN” adalah jiwa semangat manajemen kami yang tidak pernah puas untuk selalu melayani siswa semakin baik dari hari ke hari .Karena itu ,SSC menjamin hasil yang optimal pada aktivitas belajar siswa.

SSC Sang Pelopor

Di bidang kreativitas tidak ada standar. Ibarat meluncurkan rakit di tengah kegelapan lautan yang diamuk badai, tanpa kompas. Tidak ada mercusuar di luar sana, jadi kita harus menciptakan mercusuar itu sendiri untuk menerangi jalan mengejar sukses. Itulah ibarat perjalanan LBB SSC selama 14 (empatbelas) tahun berdiri.

Sebagai sang pelopor dalam bidang teknologi dengan mercusuar buatan sendiri yang mengacu pada metode " The Fastest Solution" dan " Learning Is Fun" dan sekarang LEARNING REVOLUTION, LBB SSC telah menjadi bimbingan belajar yang paling dipercaya di Indonesia.

LBB SSC yang terdepan dalam teknologi selalu berusaha untuk berinovasi sesuai dengan falsafah "Kaizen" yang artinya perbaikan terus menerus. Konsisten dengan komitmen tersebut:
· LBB SSC mengenalkan Try Out yang terkomputerisasi pada saat itu masih menggunakan disket dan UNDERDOS.
· LBB SSC mempelopori Audio Visual System dengan menggunakan TV dan computer serta penggunaan jaringan internet dan LAN.
· LBB SSC mempelopori penggunaan internet di dalam kelas, Management Information System yang berbasis internet mulai diluncurkan, LBB SSC Bandung yang pertama sekali online untuk semua outletnya.
· LBB SSC mempelopori portal pendidikan yang menghubungkan sekolah di Indonesia pada suatu komunitas pendidikan. Dimana baik Siswa, Orang tua dan Guru dapat saling berkomunikasi. Dengan mengakses www.s-s-net.com siswa dapat melihat informasi dari beberapa sekolah di Indonesia.
· LBB SSC memperbaharui Audio Visual Systemnya dengan menggunakan teknologi VCD, sehingga lebih mudah diakses. Media ini menyimpan pengajaran para staf pengajar kami dan bisa dipinjam siswa untuk mengulang pelajaran di rumah.
· LBB SSC meluncurkan program terintegrasi dari Management Information System dan fasilitas teknologi informasi terbaru seperti WAP, SMS, dan IVR serta menghubungkan seluruh fasilitas dan outlet seluruh Indonesia yang kami sebut : Sistem Saraf Digital.


Fasilitas Pendukung

Sebagai pendukung bagi tercapainya kualitas pelayanan, sejumlah infrastruktur pelayanan pendidikan maka dikembangkanlah jaringan internet antar sekolah (Sony Sugema Network disingkat SSNet), pengadaan software-software pelajaran termasuk lewat internet, Sony Sugema Education Software disingkat SSEdusoft, Managemen Information System (MIS), VCD pelajaran, CD Simulasi, Disket Simulasi dsb.
Demi memberikan pelayanan yang maksimal kepada para siswanya, SSC selalu menyediakan guru-guru yang berkualitas dalam kegiatan KBM-nya dan didukung oleh peralatan multimedia berupa komputer, audio visual, dan sistem manajemen informatika, yang tersedia di setiap kelas untuk membantu mereka menerangkan materi pelajaran kepada siswa. Setiap siswa diberi keleluasaan untuk memanfaatkan fasilitas internet secara gratis, mereka dapat pula mengikuti perkembangan pendidikan melalui situs LBB SSC (
http://www.sscbandung.net/) yang selalu diperbaharui secara rutin.
Fasilitas
1.Komputer multimedia + TV
2.Jaringan internet
3.Ruang AC / Kipas
4.Buku materi
5.Try Out bulanan
6. Laporan perkembangan siswa ( kehadiran,tryout, keuangan ).
7.Konsultasi Pelajaran.
8. Konsultasi penjurusan / pemilihan jurusan / sekolah lanjut.
9. Sistem informasi siswa berbasis web:
http://www.sscbandung.net/


Visi & Misi

SSC mempunyai misi “ to be the best education in INDONESIA “ Misi yang diemban SSC yaitu menjaga eksistensi dan kualitas pelayanan tersebut, ditetapkan nilai-nilai yang menjadi kerangka acuan bagi seluruh komponen LBB SSC. Adapun nilai-nilai tersebut adalah:
Menjunjung tinggi nilai-nilai etika, kebenaran dan akhlak.
Mengaktualisasikan, mengembangkan dan memperlakukan sumber daya manusia sebagai manusia seutuhnya.
Inovasi terus menerus tanpa henti (Kaizen).
Komitmen terhadap dunia pendidikan.
Tumbuh dan berkembang secara wajar (alami) tanpa KKN dan tanpa terlibat politik praktis.
Setiap sumber daya manusia memiliki mimpi/cita-cita tentang masa depannya.


Program – program Bimbel

LBB SSC Bandung memiliki beberapa program layanan pendidikan yakni program bimbingan belajar untuk kelas Alumni, 3 SMU, 1&2 SMU, 3 SMP, 6 SD, Program Khusus ITB dan Kedokteran, Program Super Intensif serta Program Super Camp.

Awalnya filosofi dasar dari program-program tersebut adalah The Fastest Solution, yakni prinsip-prinsip sederhana guna memecahkan soal dalam waktu singkat. Filosofi ini bukanlah hafalan rumus-rumus, melainkan perwujudan dari metode belajar learning is fun. Pada metode tersebut, konsep-konsep ilmu yang rumit dijembatani melalui pendekatan konsep sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Dalam perkembangannya filosofi ini berubah menjadi LEARNING REVOLUTION – SSC Ngerti Abis.

Dengan sentuhan teknologi, Bimbel terkemuka di Indonesia ini dengan staf pengajar berpengalaman dan sistem pembelajaran yang terintegrasi, system informasi komputerisasi yang berbasis web diikuti oleh siswa-siswa dari sekolah favorite di Indonesia sehingga siswa SSC berada dalam populasi orang-orang pinter.
SSC membimbing dan menghantarkan siswanya ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dan favorite ( SLTP, SMU & PTN ).

3 Comments:

Blogger Man in blue said...

Wah tambah inovatif saja tuh SSC, Good job man !. Saya mah melihat dari jauh saja karena gak bisa terlibat langsung di sarangnya SSC.tapi saya termasuk yang banyak menikmati produknya inovatif SSC di bidang bimbel. Kapan yah bisa meng update inovasi SSC lagi?.
Dedi Turmudi
Vermont, USA

9:27 PM  
Blogger Man in blue said...

Wah tambah inovatif saja tuh SSC, Good job man !. Saya mah melihat dari jauh saja karena gak bisa terlibat langsung di sarangnya SSC.tapi saya termasuk yang banyak menikmati produknya inovatif SSC di bidang bimbel. Kapan yah bisa meng update inovasi SSC lagi?.
Dedi Turmudi
Vermont, USA

9:30 PM  
Blogger Cinta Adalah Api said...

Salam,
Alangkah lebih utuh lagi jika blog ini juga membahas bagian lain dari sony sugema group selain SSC, seperti STTIS, Q-college atau mungkin SMU alpha centauri. Karena judul blognya sendiri sudah Sony Sugema Group.
Atau lebih baik lagi jika SSG memiliki website sendiri.
Semoga sistem manajemen SSG semakin mampu menjawab tantangan dinamika dunia pendidikan.
Muslim Pribadi
Jakarta

6:45 PM  

Post a Comment

<< Home